Kenapa Keluar Darah Seperti Haid Saat Kencing Saja?

Keluar darah seperti haid saat kencing
Keluar darah seperti haid saat kencing

Keluar darah seperti haid saat kencing mungkin pernah Anda alami secara sadar atau tidak. Mungkin juga Anda mengalami dan merasakan nyeri atau sakit secara bersamaan ketika kencing. Lalu apa penyebab keluarnya darah seperti haid ini saat kencing?

Perbedaan Keluar Darah dari Lubang Kencing & Lubang Vagina

Keluar darah seperti haid saat kencing bisa merupakan gejala ISK. Namun Anda harus benar-benar memperhatikan terlebih dahulu keluar darah tersebut bersama dengan urine atau dari vagina.

  • Darah keluar bersama urine dan mengalami beberapa gejala (seperti nyeri, ayang-ayangan, sakit dibagian perut bawah dan sebagainya) menandakan adanya infeksi saluran kemih (ISK).
  • Darah yang keluar lewat vagina bisa disebabkan oleh flek sisa darah haid, flek menjelang datang haid, darah haid, lecet saat berhubungan, infeksi, dan lain sebagainya.

Info Penting
Jika kondisi tersebut tidak terus-menerus dan bisa berhenti atau sembuh dengan sendirinya Anda tidak perlu khawatir. Anda perlu ke dokter jika mengalami gejalanya terus menerus dan disertai rasa sakit lainnya seperti nyeri di bagian perut bawah, demam, mual, lemas dan gangguan haid.

Penyebab Keluar Darah Saat Kencing

Keluarnya darah saat kencing sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, bisa dialami oleh pria maupun wanita. Adapun penyebabnya sangat beragam, berikut beberapa diantaranya: 

1. Infeksi Saluran Kemih

infeksi saluran kemih (isk)
infeksi saluran kemih (isk)

Infeksi bakteri di saluran kencing dan menjadi Infeksi Saluran Kemih(ISK) bisa menyebabkan urin mengandung darah. Biasanya darah keluar jika infeksi sudah naik ke organ ginjal atau sudah cukup parah. 

2. Infeksi Ginjal

Penyebab kedua keluar darah seperti haid saat kencing, Anda kemungkinan mengalami infeksi ginjal dan kondisi ini bisa dari infeksi saluran kemih dahulu atau ada infeksi langsung di ginjal. Selain keluar darah saat kencing biasanya disertai keluhan demam dan sakit pada punggung bawah. 

3. Batu Ginjal atau Kandung Kemih

Keluarnya darah saat berkemih atau kencing bisa disebabkan karena Anda menderita batu ginjal. Jika sebelumnya tidak ada gejala kemudian mendadak sakit saat berkemih bahkan luar biasa. 

Saat keluarnya batu bersama urin bisa menyebabkan darah ikut keluar. Untuk memastikan Anda terkena batu ginjal, Anda perlu periksa ke dokter agar diberikan pengobatan secara tepat.

4. Penyakit Ginjal

Tak selalu masalah kesehatan reproduksi, keluarnya darah saat kencing bisa juga disebabkan oleh penyakit ginjal. Ketika bagian penyaring darah pada ginjal mengalami peradangan, maka darah bisa akan keluar bersama urin. 

5. Kanker

Jika Anda mengalami kanker kandung kemih maka salah satu gejala yang ditimbulkan adalah keluar darah saat kencing. Jadi, silahkan periksa ke dokter untuk memastikan keluar darah saat kencing karena kanker atau bisa juga disebabkan oleh gejala yang lain. 

6. Uretritis

Terakhir, penyebab darah keluar saat kencing juga bisa disebabkan oleh kondisi uretritis. Kondisi dimana terjadi infeksi bakteri pada saluran kencing setelah masuk melalui organ intim dan terhubung ke saluran kencing. 

Kondisi uretritis bisa membuat saluran kencing mengalami peradangan. Sehingga bisa membuat darah keluar bersamaan dengan urin saat berkemih atau kencing. Selain itu juga uretritis akan disertai rasa nyeri dan keluhan lainnya.

Baca juga pertanyaan seputar kesehatan reproduksi lainnya: