5 Aplikasi Cara Cek Kolesterol Lewat HP 2023

cara cek kolesterol di hp
cara cek kolesterol di hp

Ada banyak sekali aplikasi untuk cara cek kolesterol lewat HP. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa mengakibatkan berbagai jenis penyakit, seperti penyakit jantung hingga stroke. 

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal, diperlukan pemeriksaan secara teratur. Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda juga dapat mempelajari cara mengecek kolesterol lewat HP sebagai upaya pencegahan.

Fakta Cara Cek Kolesterol Lewat HP

Pada kenyataannya di lapangan khususnya di Indonesia, masih belum ada aplikasi yang bisa mengecek kolesterol hanya dengan HP dengan metode yang benar secara klinis. 

Namun, Anda masih dapat menggunakan aplikasi kolesterol di HP untuk memantau hasil kolesterol Anda atau mentracking hasil kolesterol selama ini dan memperoleh informasi tentang kondisi kesehatan Anda saat ini dan kemungkinan risiko di masa depan.

Cara Cek Kolesterol Sendiri

cara cek kolesterol dirumah
cara cek kolesterol dirumah

Cara yang dapat dilakukan untuk mengecek kadar kolesterol sendiri di rumah adalah dengan menggunakan alat pengukur kolesterol tubuh. Dengan mengetahui kadar kolesterol setiap hari, dapat membantu mengontrol kondisi kesehatan dan mencegah peningkatan risiko serangan jantung atau stroke pada pengidapnya.

Setelah melakukan pengecekan, langkah tepat dapat diambil untuk menurunkan atau mencegah penyakit kolesterol semakin memburuk. Meskipun demikian, perlu memperhatikan dan mempersiapkan dengan baik agar hasil pengukuran dapat diperoleh secara akurat.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan meliputi mencuci tangan, membersihkan bagian ujung jari, menusuk bagian ujung jari, menempatkan sampel darah pada strip tes, memasukkan strip tes ke dalam meteran kolesterol, dan menunggu beberapa saat untuk mengetahui jumlah kolesterol dalam darah. 

Selain itu, alat tes kolesterol tanpa meteran juga dapat digunakan dengan melihat perubahan warna pada strip tes yang menunjukkan seberapa banyak kolesterol dalam darah dan mencocokannya dengan nilai kolesterol pada alat.

Rekomendasi Aplikasi Tracking Kolesterol Lewat HP

Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi di HP untuk memenuhi kebutuhan pengecekan harian. Selain itu, ada pula aplikasi yang membantu mengontrol asupan makanan untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi.

Berikut ini adalah 5 aplikasi yang dapat membantu Anda memantau, mengontrol, serta mengecek kadar kolesterol.

1. Cholesterol Tracker

Cholesterol Tracker adalah sebuah aplikasi yang membantu pengguna menyimpan catatan kadar kolesterol. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melacak pola asupan makanan dan gaya hidup sehingga pengguna dapat mengenali pola-pola yang memengaruhi kenaikan kadar kolesterol.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur untuk berbagi hasil tes kolesterol dengan dokter, teman, atau keluarga secara mudah. Ini memberikan dukungan yang diperlukan untuk memantau kolesterol Anda dengan lebih efektif.

Cholesterol Tracker telah diunduh lebih dari 10.000 kali dan tersedia secara gratis untuk pengguna Android.

2. Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol adalah sebuah aplikasi yang memberikan rekomendasi makanan harian yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Aplikasi ini menyediakan berbagai rekomendasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber di internet.

Dengan mengunduh aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses konten terkait kolesterol dalam satu tempat. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5.000 kali dan tersedia secara gratis di Google Play Store.

3. Cholesterol Calculator

Cholesterol Calculator adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk merekam data kolesterol harian mereka. Dengan memasukkan angka yang diperlukan, pengguna dapat melihat kalkulasi total kolesterol, HDL, LDL, dan indikator lainnya.

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau ingin mengontrol kolesterol agar tetap normal. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memeriksa setiap hari apakah kadar kolesterol mereka naik atau turun.

Cholesterol Calculator telah diunduh lebih dari 5.000 kali dan tersedia secara gratis di Google Play Store.

4. Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol adalah sebuah aplikasi yang berisi kumpulan tips praktis dan mudah untuk menurunkan kolesterol secara realistis. Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk memahami gejala, penyebab, dan cara mengatasi kolesterol.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa resep makanan yang dapat dicoba di rumah. Dengan demikian, pengguna yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat lebih termotivasi untuk menjaga pola makan mereka.

Aplikasi ini tersedia untuk diunduh di Google Play Store bagi pengguna Android.

5. Cholesterol Table: diet aid

Cholesterol Table: diet aid adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda melihat tabel berbagai makanan dengan kadar kolesterol yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui makanan mana yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari dalam jangka waktu tertentu.

Aplikasi ini tersedia untuk diunduh di Google Play Store bagi pengguna Android.

Kesimpulan

Cara cek kolesterol lewat HP mudah untuk dilakukan dan bisa membantu mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung hingga stroke. Segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter jika hasil yang muncul melebihi batas normal.

Mempunyai kolesterol tinggi pastinya membuat aktifitas sehari-hari menjadi sulit dan sering capek. Tenang, autoimuncare memiliki solusi untuk Anda. Obat herbal esvacare merupakan solusi untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Esvacre memiliki berbagai manfaat salah satunya bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Anda bisa memesan esvacare melalui WhatsApp atau Shopee.

Baca juga kumpulan artikel tentang kolesterol

Ketahui Cara Cek Kolesterol Secara Mandiri di Rumah dari Halodoc