12 Sayuran Pemicu Asam Lambung yang Harus Anda Hindari!

sayuran-sayuran yang dapat memicu asam lambung naik.
sayuran pemicu asam lambung

Tahukah Anda bahwa ada beberapa sayuran yang bisa memicu asam lambung? Pada dasarnya, sayuran bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa sayuran yang harus Anda hindari jika menderita asam lambung. Apakah penderita asam lambung tidak boleh mengonsumsi sayuran? Sebenarnya, bukan tidak boleh ya. Hanya saja, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi beberapa sayuran pemicu asam lambung.

Sayuran ini memang tidak langsung membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Tetapi, kandungan seperti serat, raffinose, pati, dan fruktosa, di dalam sayuran tersebut bisa memicu pembentukan gas di usus. Penumpukan gas berlebihan inilah yang memperburuk gejala asam lambung. Lalu, apa saja sih sayuran pemicu asam lambung? Yuk temukan jawabannya pada artikel berikut!

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik: Steb by Step

Macam-Macam Sayuran Pemicu Asam Lambung

Sayuran mengandung serat tinggi dan sumber vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, perlu Anda ingat bahwa ada beberapa jenis sayuran yang dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sehingga, penderitanya harus membatasi atau menghindari sayuran tersebut.

Apabila konsumsi sayuran ini dilakukan secara terus menerus, terlebih oleh penderita asam lambung, maka akan menyebabkan naiknya asam lambung. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati atau berusaha untuk menghindarinya. Beberapa sayuran yang bisa memicu asam lambung, antara lain:

Baca juga: Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

1. Kol

Selain serat, kol juga mengandung gula rafinosa yang sulit dicerna oleh tubuh. Saat mencapai usus, rafinosa memang akan dipecah oleh bakteri baik. Namun, hasil pemecahannya akan menghasilkan karbondioksida, hidrogen, dan metana. Produksi gas yang berlebihan ini menyebabkan perut kembung dan sendawa yang bisa memperburuk gejala asam lambung.

2. Brokoli

Karena mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk tubuh, brokoli menjadi salah satu sayuran yang cukup diminati oleh sebagian orang. Namun hati-hati ya, jika Anda menderita asam lambung. Hal ini karena kandungan gula rafinosa dalam sayuran ini, bisa memicu perut kembung. Sebagai tips jika ingin mengonsumsi brokoli, jangan mengolahnya bersama makanan tinggi lemak, seperti keju atau susu.

3. Bawang bombay

Onion ring atau makanan yang terbuat dari bawang bombay memang lezat. Sayangnya, Anda harus membatasi makanan tersebut jika menderita asam lambung. Hal ini karena bawang bombay bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri ulu hati (heartburn).

Selain itu, bawang bombay juga mengandung fruktosa yang memicu pembentukan gas di usus, lalu menyebabkan perut kembung. Perut kembung yang terjadi saat asam lambung naik akan memperburuk gejala yang Anda alami.

4. Bawang putih

Bawang putih mempunyai pH asam, sehingga bisa meningkatkan keasaman lambung yang memicu asam lambung. Itulah sebabnya, gejala asam lambung naik, seperti heartburn, sering muncul setelah Anda mengkonsumsi bawang putih, apalagi bawang putih mentah.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi bawang putih sama sekali ya, mengingat bahan satu ini biasa digunakan pada masakan Indonesia. Anda masih boleh mengonsumsi bawang putih asalkan tidak mentah dan dalam jumlah sewajarnya, contohnya saat Anda menambahkan bahan ini sebagai bumbu masakan.

5. Cabai

Makanan pedas membuat perut tidak nyaman dan menimbulkan rasa terbakar yang memicu peningkatan asam lambung. Cabai mengandung capsaicin, yaitu zat yang memberikan rasa pedas. Oleh karena itu, cabai termasuk dalam kategori sayuran yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.

6. Seledri

Seledri bisa memicu produksi gas berlebih di dalam perut. Jika terjadi peningkatan produksi gas di perut, maka akan menimbulkan gejala mual dan nyeri. Oleh karena itu, penderita asam lambung sebaiknya membatasi bahkan menghindari konsumsi seledri.

Baca juga artikel terkait kesehatan lambung lainnya:

7. Tomat

Meskipun bermanfaat untuk kesehatan jantung, tomat mengandung asam yang tinggi sehingga menyebabkan rasa mulas. Penderita asam lambung disarankan untuk mengurangi konsumsi tomat dan olahannya (seperti jus tomat) agar tidak memicu refluks asam.

8. Sawi

Sawi memang menyehatkan. Namun, karakternya yang sulfurik dan berserat tinggi bisa menyebabkan asam lambung terutama pada sawi putih. Memang tidak semua jenis sawi memicu asam lambung. Tapi, Anda perlu memperhatikan reaksi tubuh, untuk mengidentifikasi apa yang bisa Anda makan atau sebaiknya anda hindari.

9. Kubis

Sayuran ini sangat nikmat sebagai pendamping nasi dan versatile untuk dimasak. Namun, kubis juga memicu pembentukan gas. Gas dalam perut ini mengakibatkan kembung, sehingga menambah tekanan yang dapat memperburuk asam lambung.

10. Lobak

Lobak kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, lobak harus dihindari oleh penderita asam lambung. Hal ini karena lobak mengandung serat larut yang tidak bisa dicerna dengan baik di usus kecil, sehingga bisa menyebabkan pembentukan gas dan peningkatan asam lambung.

11. Daun mint

Meski tidak sepedas cabai, rasa pedas pada daun mint bisa melemahkan otot sfingter esofagus bawah yang mempermudah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Namun, konsumsi daun mint dalam jumlah yang wajar, misalnya pada teh peppermint atau hidangan penutup, masih aman bagi penderita asam lambung.

Sebaliknya, Anda bisa mencoba mengonsumsi olahan daun sukun yang merupakan bahan alami yang efektif dalam membantu mengatasi asam lambung naik. Ketahui cara pengolahannya yang efektif dan aman berikut -> Cara Mengelola Daun Sukun Untuk Asam Lambung

12. Daun bawang

Daun bawang mengandung fruktan tinggi, yaitu jenis serat yang terbuat dari molekul fruktosa. Karena kurangnya enzim dalam tubuh manusia untuk memecah fruktan, proses pencernaan tidak berjalan secara optimal sehingga menyebabkan masalah kesehatan seperti gas, kembung, sendawa, dan peningkatan asam lambung.

Sayuran memang kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, beberapa di antaranya bisa memicu asam lambung sehingga harus dibatasi. Di samping itu, masih banyak sayuran lain yang lebih aman bagi penderita asam lambung, seperti bayam, kangkung, timun, dan selada. Anda bisa mengkreasikannya menjadi beragam hidangan lezat, sehingga rasanya tidak kalah enak dengan sayuran di atas. Semoga membantu.

Namun, jika Anda masih ingin tahu secara lebih lengkap mengenai sayuran pemicu asam lambung, pola makan yang tepat bagi penderita GERD, dan memerlukan pengobatan yang tepat untuk meringankan gejalanya, jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter, ya!

https://www.healthline.com/health/acid-foods-to-avoid%23prevention
https://www.youtube.com/watch?v=fB7fraLqIFc
https://www.orami.co.id/magazine/sayuran-yang-dilarang-untuk-asam-lambung
https://www.buzzrx.com/blog/foods-to-avoid-with-acid-reflux