10 Buah Terbaik yang Aman untuk Diabetes, Ini Pilihannya!

Kumpulan Buah yang Aman untuk Diabetes
Buah Aman untuk Diabetes

Diabetes merupakan kondisi kesehatan dimana penderitanya diharuskan mengatur pola makan dengan cermat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan yaitu pemilihan buah yang dikonsumsi. Meskipun buah-buahan mengandung gula alami, tetapi terdapat beberapa buah yang aman dan bermanfaat bagi penderita diabetes. Lalu, apa saja buah yang aman untuk penderita diabetes? Simak informasinya berikut ini!

Baca juga: Cara Mengatur Pola Makan Bagi Penderita Diabetes

Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, mengatur asupan makanan merupakan hal yang sangat penting, termasuk buah-buahan yang sering kali mengandung gula. Jika gula dalam tubuh berlebih, maka akan mengakibatkan peningkatan gula darah. Namun, ada beberapa buah yang aman untuk penderita diabetes, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi. Berikut daftar buah dengan indeks glikemik rendah dan kaya serat sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Buah dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes.

1. Apel

Apel mengandung vitamin A, vitamin C, serat tinggi, kalsium, zat besi, dan indeks glikemik rendah sehingga apel bisa mencegah lonjakan kadar gula darah secara drastis.

Serat yang terkandung di dalam apel juga mempunyai beberapa manfaat, seperti mengurangi kolesterol, memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah dan membuat perut kenyang lebih lama. Sebaiknya konsumsi apel beserta kulitnya, karena kulit apel mengandung beragam gizi dan antioksidan.

2. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang banyak disukai sehingga sering dijadikan pencuci mulut dan beragam olahan makanan atau minuman. Buah ini dikenal kaya akan vitamin C, asam folat, tiamin dan air yang baik bagi penderita diabetes. Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh serta mengurangi peradangan, sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.

Kandungan tiamin pada jeruk bisa menurunkan kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin. Selain itu, jeruk juga mengandung kalium serta flavonoid sehingga membantu meningkatkan sensitivitas insulin, serta mencegah lonjakan kadar gula darah. Konsumsi jeruk segar lebih daripada jus, karena serta dalam buah yang masih segar dan utuh dapat memperlambat penyerapan gula.

3. Ceri

Kandungan antioksidan dan kalium pada ceri membuat ceri aman dikonsumsi penderita diabetes. Antioksidan pada ceri membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Sementara itu, kandungan kalium pada ceri dapat membantu mengontrol tekanan darah serta menjaga keseimbangan cairan tubuh

Konsumsi ceri baik dalam kondisi utuh maupun dikalengkan tanpa gula, dapat menjadi pilihan yang aman dan lezat. Konsumsi ceri secara rutin, dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk penderita diabetes yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap penyakit.

4. Stroberi

Buah stroberi mengandung serta yang tinggi serta indeks glikemik rendah. Serat dalam stroberi membantu mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan ini, membuat buah ini sangat aman dan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, Stroberi juga kaya akan vitamin C, sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah ini dalam kondisi segar dan utuh tanpa penambahan gula atau pemanis buatan, agar mendapat manfaat optimal.

5. Persik

Persik adalah sumber serat yang baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat dan mengontrol gula darah. Serat juga membuat kenyang lebih lama sehingga bisa mengendalikan nafsu makan. Selain serat, persik juga mengandung vitamin C yang berperan penting dalam produksi kolagen untuk kulit dan pembuluh darah yang sehat.

Pilihlah persik segar atau beku tanpa tambahan gula. Dengan mengonsumsi dalam kondisi segar, Anda akan mendapatkan rasa kenyang lebih lama, serta membantu pengendalian gula darah dan berat badan. 

6. Pir

Buah pir mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin K, antioksidan, dan air. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam pir juga bisa menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan air yang cukup tinggi dalam buah ini, membantu Anda agar tetap terhidrasi.

Selain itu, pir juga merupakan salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Konsumsi pir segar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan dan gula darah dalam jangka panjang.

7. Aprikot

Aprikot mengandung serat dan vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Meskipun terdapat gula alami, aprikot tergolong buah dengan indeks glikemik rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Aprikot lebih baik dikonsumsi dalam kondisi segar dari pada saat sudah kering. Aprikot kering memiliki kadar gula yang lebih tinggi, namun begitu, konsumsi aprikot kering masih diperbolehkan dalam porsi kecil sebagai cemilan yang sehat.

Baca juga: 9 Camilan Untuk Diabetes: Dari Murah Hingga Yang Berkualitas

8. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan tersebut, dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil menurunkan kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan memberikan sumber serat optimal. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat, juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung yang sering kali menjadi perhatian para penderita diabetes

9. Pepaya

Pepaya termasuk buah dengan indeks glikemik sedang yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Buah ini memiliki efek hipoglemik, yang dapat membantu menurunkan kadar glukos dalam darah. Pepaya juga mengandung flavonoid yang berperan dalam memperbaiki metabolisme gula dalam tubuh, serta mengatur hormon dalam tubuh.

Karena tergolong memiliki Indeks glikemik rendah – sedang, pepaya lebih baik dikonsumsi secara bertahap agar tidak membuat lonjakan gula darah pada tubuh. Saran konsumsi pepaya untuk penderita diabetes adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk fermentasi, karena dapat memberikan manfaat antioksidan dan membantu mengontrol gula darah.

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Pepaya?

10. Jambu biji

Jambu biji memiliki kandungan antioksidan dan serat, sehingga sangat bermanfaat dan aman untuk penderita diabetes. Kandungan tersebut, sangat membantu menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dan tekanan darah.

Menurut Sentani Nursing Journal, konsumsi air rebusan dan jambu biji dapat secara signifikan menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes militus tipe 2. Jus jambuh biji merah juga terbukti efektif dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah, berkat kandungan pektin dan flavonoidnya.

Baca juga artikel terkait lainnya:

Saran Penyajian Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes

Rutin mengonsumsi buah, merupakan langkah yang sangat baik untuk menambah asupan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun bagi penderita diabetes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar konsumsi buah dapat memberikan manfaat optimal:

  1. Porsi kecil tapi teratur

    Konsumsi buah dalam porsi kecil dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak. Sebaiknya, makanlah buah dalam beberapa kesempatan. Misalnya dalam sehari, konsumsi buah terbagi menjadi beberapa waktu daripada mengonsumsi dalam jumlah besar sekaligus.

  2. Hindari jus buah berlebihan

    Buah yang telah diolah menjadi jus, sering kali memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dan kehilangan sebagian besar sertanya. Sebaiknya, makanlah buah dalam kondisi segar dan masih utuh uagar mendapat manfaat yang optimal.

  3. Kombinasikan dengan protein atau lemak baik

    Kombinasi buah dengan sumber protein dapat membantu menstabikan gula darah dan mencegah lonjakan gula darah. Protein yang dapat dikombinasikan misalnya yogurt rendah lemak, serta kacang-kacangan.

Itulah beberapa pilihan buah yang aman untuk penderita diabetes. Meski buah dikenal memiliki dampak yang baik bagi tubuh, namun bagi penderita diabetes perlu perhatian lebih untuk memilih buah yang paling aman.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan ahli mengenai asupan buah yang tepat, dan sesuai bagi tubuh Anda, agar manfaat dari buah – buah ini dapat Anda peroleh secara optimal.

https://www.carehospitals.com/blog-detail/fruits-good-for-diabetes/

Hanani, A. N., Astuti, D. ., & Puspasari, F. D. . (2024). PEMBERIAN JUS JAMBU BIJI MERAH TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2. Sentani Nursing Journal, 7(1), 13–19. https://doi.org/10.52646/snj.v7i1, Februari.252

https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-fruits-for-diabetes/